Manfaat Menggunakan Lampu Tenaga Surya Sebagai Energi Alternatif

 

Kebutuhan akan energi semakin hari semakin meningkat, tapi diperburuk dengan semakin menipisnya cadangan sumber daya alam. Bahkan cadangan bahan bakar minyak pun berkurang akibat sebagian besar digunakan untuk kendaraan, sebagai penggerak perindustrian global, pembangkit tenaga listrik serta lainnya yang tak dapat lepas dari ketergantungan akan minyak bumi. Namun, ada satu energi yang tidak sebesar energi lain dengan bahan bakar minyak, tapi jumlahnya tidak terbatas, yaitu tenaga surya.

Tenaga listrik yang didapat dari tenaga surya tersebut lumayan murah, mudah dipasang dan hemat energi. Prinsip kerjanya pun sangat sederhana, dengan peralatan berupa lampu panel lampu LED, baterai dan panel surya fotovoltaik. Di siang hari, baterai penyimpan energi listrik akan otomatis memasok energi dari sinar matahari untuk malam harinya. Setelah itu, sensor fotosel akan mengaktifkan lampu begitu matahari terbenam. Lampu akan menyala sampai delapan hingga sepuluh jam, tergantung kapasitas baterai dan energi matahari.

Umumnya, lampu yang dipakai untuk tenaga surya ini berbahan CFL atau LED, tanpa lampu bohlam yang tidak hemat energi. Lampu basis pembangkit listrik tenaga surya bisa diterapkan pada beberapa tempat, baik di dalam maupun di luar ruangan, seperti lampu penerangan jalan, lampu taman, lampu teras, lampu stadion, lampu merah, lampu rumah hingga lampu garasi.

Manfaat Menggunakan Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya dapat menjadi alternatif untuk pencahayaan di luar rumah Anda. Banyak manfaat atau kemudahan yang diperoleh dari lampu tersebut, beberapa di antaranya ialah:

1.     Proses instalasi mudah dilakukan karena Anda hanya perlu meletakkan lampu tenaga surya di tempat yang tidak dibayangi atau tertutup benda lain. Tidak ada proses menghubungkan kawat atau kabel dalam instalasi lampu ini.

2.     Komponen lampu tenaga surya cukup awet dan pergantian lampu-lampu yang rusak sangat mudah dilakukan.

3.     Terdapat berbagai jenis lampu yang tersedia, Anda bebas memilih model yang sesuai keinginan.

4.     Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan penerangan di luar ruangan dengan lampu tenaga surya karena mendapat energi langsung dari sinar matahari.

Tapi, di samping manfaatnya yang telah disebutkan, lampu ini mempunyai kekurangan, yaitu tidak seterang lampu biasa. Hal itu dikarenakan energi yang dihasilkan tidak sebesar energi lain. Jadi, bila ingin lebih terang lagi, Anda harus mengeluarkan kocek untuk membeli lampu yang lebih baik. Apalagi kalau ingin mendapatkan penerangan yang memadai, lampu yang dibutuhkan cukup banyak. Meskipun demikian, memiliki lampu tenaga surya adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk memanfaatkan energi matahari.

Pemanfaatan lampu tenaga surya atau solar panel dirasa mampu menjadi energi alternatif yang tidak dapat dianggap remeh. Terutama saat ini lampu jenis itu telah banyak digunakan di negara kita, khususnya sebagai lampu penerangan jalan.

Retour à l'accueil