Genset adalah sebuah mesin yang berfungsi baik untuk keperluan industri,  maupun rumah tangga.

Ada sebagian daerah Indonesia yang belum memiliki aliran listrik, untuk mengatasi masalah ini, maka genset dibuat untuk memenuhi kebutuhan karena genset dapat menghasilkan listrik dengan bahan bakar bensin maupun solar.

Untuk mesin genset yang memiliki kapasitas yang kecil, hanya membutuhkan bahan bakar berupa bensin, namun ubtuk genset berkapasitas besar maka bahan bakar yang cocok digunakan adalah solar.

Beberapa komponen genset

Selias beberapa komponen pada genset, yaitu:

·  Mesin, mesin merupakan salah satu komponen genset, dimana berfungsi sebagai penggerak genset sehingga dapat dioperasikan.

Sama seperti kenadaraan, baik itu mobil maupun sepeda motor, mesin merupakan salah satu komponen yang sangat penting, begitu juga dengan genset. Apabila mesin besar, maka kapasitas dayanya besar juga. Ketika akan membeli di tempat jual beli genset, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahan bakar apa yang akan digunakan, bensin ataukah solar.

-  Alternator, adalah komponen kedua dari sebuah genset. Dimana memiliki kemampuan berupa menghasilkan daya listrik yang disalurkan oleh mesin.

Ada beberapa komponen pada alternator yang dapat membuat gerakan dengan sangat relatif dari medan magnet ke listrik. Diantara komponenya adalah strator, dan rotor.

Mengenai genset 10 kva, genset 10 kva hanya bisa digunakan dengan beban cukup ringan, yaitu beban dengan 5 atau 8 kva maka genset 10 kva bisa digunakan, kenapa seperti ini, karena apabila beban melebihi kapasitas genset akan mengakibatkan genset tidak mampu bekerja.

Agar kamu tidak salah dalam memilih kapasitas genset, maka ada beberapa yang perlu kamu perhatikan yaitu:

·  Kapsitasnya, seperti yang telah dijelaskan, untuk beban antara 5 atau 8 maka kapaistas genset yang bisa digunakan yaitu genset 10 kva, apabila beban 10 kva maka kapasitas genset 10 kva tidak cocok digunakan.

· Jenis mesin, mesin dengan bahan bakar apa yang akan digunakan, apabila kapasitas besar maka bahan bakar yang digunakan adalah solar begitu sebaliknya.

·  Voltase, apabila kamu memerlukan listrik 4 phase, maka yang perlu kamu pilih adalah genset dengan voltase 4 phase. Begitu seterusnya.

Sekian artikel terkait tentang genset 10 kva.

 

Retour à l'accueil